Cara Mematikan Windows Update di Windows 10 Terbaru 2018

Berbicara Operasi Sistem PC terbaru saat ini sudah pasti Windows 10 menjadi impian bagi beberapa pengguna untuk menerapkan di PC mereka, pasalnya fitur dan tampilan Windows 10 sangat menarik berbeda dari versi Windows sebelumnya. Akan tetapi beberapa pengguna Windows 10 terkadang mengeluhkan Windows Update otomatis, karena membuat pemakaian data internet jadi sangat boros, kecepatan internet menurun, dan membuat performa PC melambat atau lemot.

Pada kesempatan ini InspirasiMR akan berbagi artikel tentang Cara Mematikan Windows Update di Windows 10Terbaru 2018, mungkin ada banyak tutorial cara mematikan Windows Update di tempat lain akan tetapi disini kita akan mematikan Windows Update dengan cara yang berbeda. Perlu diketahui sejak awal 2018 setiap pengguna mematikan Service Windows Update maka secara otomatis service Windows Update tersebut akan kembali menyalakan lagi dikarenakan ada sistem dalam Windows 10 kita yang mengendalikan Service dari Windows Update tersebut.

Cara mematikan Windows Update di Windows 10 tidak sulit kok, hanya ada 4 langkah yang harus anda lakukan untuk mematikannya, silahkan lihat daftar isi artikel kami untuk memahami langkah yang harus dilakukan.



Pertama yang harus dilakukan untuk mematikan Windows Update di Windows 10 adalah:

1. Mematikan jaringan internet



inspirasimr.blogspot.com

Jangan salah sangka ketika anda menerapkan suatu tutorial yang masih ada hubungannya dengan koneksi internet, sering kali gagal lantaran tidak memperhatikan langkah pertama ini. Karenanya saya sangat merekomendasikan setiap kali mengotak-atik sistem terlebih dahulu mematikan jaringan internet.

Mematikan jaringan internet terlebih dahulu, harus dilakukan karena ketika komputer anda terhubung dengan internet maka secara otomatis setiap ada service yang tidak berjalan sesuai dengan pengaturan Windows, akan langsung dikoreksi dan dikembalikan seperti sedia kala.

[Kembali ke daftar isi]

2. Menghentikan Service Windows Update 



inspirasimr.blogspot.cominspirasimr.blogspot.com

Pada kebanyakan orang, untuk mematikan Windows Update mereka hanya mentok pada services Windows, karena memang services pada windows merupakan layanan aplikasi yang berjalan di latar belakang secara otomatis tanpa perlu secara sengaja dijalankan terlebih dahulu. Seperti yang kita ketahui contoh dari Services windows adalah aplikasi:

  • Windows Update
  • Windows Firewall
  • Windows Error Report
  • dan masih banyak lagi aplikasi yang mempunyai services di latar belakang baik itu bawaan Windows maupun dari aplikasi instalan anda

Kembali ke pembahawan awal, akan tetapi pada artikel kami ini, mematikan services windows update hanya sebagai langkah kedua saja, yakni untuk mematikan sementara windows update tersebut.

Cara menghentikan service Windows Update adalah buka Task Manager klik tab Services dan pada bagian bawah klik Open Services, nanti akan terbuka jendela baru lalu disini kita cari service Windows Update lalu klik 2x, pada jendela ini ubah Startup Type menjadi Disable lalu klik Stop dan Apply/OK. lihat gambar di atas untuk lebih jelasnya.

[Kembali ke daftar isi]

3. Mengubah Image Path dan Remot Windows Update 


inspirasimr.blogspot.com



Jika anda biasanya hanya mentok pada langkah sebelumnya mematikan services Windows Update, maka jangan heran apabila beberapa menit kemudian atau ketika anda menghubungkan komputer anda dengan jaringan internet services Windows Update akan kembali berjalan lagi. Loh kok bisa? ya tentu bisa karena services windows update mempunyai alat pengendali untuk mengaktifkan kembali servicesnya sendiri yang bernama DependOnServices kalo gak salah beri keterangan hehe.

Oleh karena itu sangat penting untuk melihat langkah yang satu ini, karena pada langkah ini kita akan mengubah image path windows update dan mengubah value yang mengendalikan windows update (Dependonservices). Maksud atau tujuan mengubah image path dan DependOnServices adalah:

  • Mengubah image path windows update bertujuan untuk memastikan agar services windows update ini sulit berjalan kembali, ketika ada suatu perintah yang berhasil memerintahkan windows update berjalan maka akan berujung error karena alamat aplikasi/image path yang telah diubah (salah alamat).
  • Mengubah nilai/value DependOnServices karena saya menuduh dependencies adalah sesuatu yang berpengaruh terhadap service windows sebagaimana penjelasannya "Beberapa services bergantung pada services lain, sistem driver, dan memuat perintah grup. jika sebuah komponen sistem berhenti atau tidak berjalan sebagaimana mestinya, maka akan memberikan pengaruh kepada Dependent Services (Layanan yang bergantung/terhubung dengannya). Walau memang terlihat seperti korban karena buktinya dengan mengubah nilai ini beberapa aplikasi tidak berjalan dengan normal seperti pencarian otomasi driver melalui jaringan internet, Windows Store dan lain sebagainya yang terhubung dengan RPCSS. Tapi demi kesuksesan mematikan windows update dependonservices mesti juga kita ubah nilainya/value.


Cara mengubahnya kita masuk ke Registry, caranya kita tekan Win+R lalu di kolom kita ketik regedit lalu masuk disini HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Services\wuauserv, jika sudah membuka folder wuauserv ubah beberapa data di dalamnya menjadi seperti ini
inspirasimr.blogspot.com


DependOnService RPCSS0

ImagePath %systemroot%\system32\svchost0.exe -k netsvcs

Mengubah nilai/value dari image path dan DependOnServices cukup dengan menambahkan angka "0" saja, tidak perlu mengubah terlalu semua. Tujuan hanya menambahkan angka "0" agar anda tidak kesulitan untuk mengembalikan windows update seperti semula, ya siapa tau anda pada masa akan mendatang akan lupa nilai asli image path dan depenonservices.

[Kembali ke daftar isi]

4. Mulai Ulang/Restart Komputer


Jika 3 cara di atas sudah dilakukan, yang terakhir adalah memulai ulang komputer Anda, setelah itu silahkan cek Task Manager di Tab Services dan cari service wuauserv jika anda melihat statusnya Stopped berarti anda sudah mematikan Windows Update dan tentunya ini tidak akan kembali lagi hidup lagi. 

Jika anda merasa belum yakin silahkan hubungkan jaringan internet anda dan tunggu beberapa menit dan lihat apakah services windows update berjalan, jika anda mengikuti langkah-langkah di atas tanpa melewatkan satu pun, saya yakin pasti tidak akan kembali berjalan lagi..
inspirasimr.blogspot.com


Untuk Video dari gambar di atas anda bisa lihat di bawah ini:



Demikian Cara Mematikan WindowsUpdate di Windows 10 Terbaru 2018, bila Anda ingin mengaktifkan kembali Windows Update, silahkan kembalikan semua yang telah dilakukan seperti sedia kala dan DependOnService dihapus lalu restart PC Anda. Selamat mencoba.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

4 Komentar untuk "Cara Mematikan Windows Update di Windows 10 Terbaru 2018"

  1. thanks ya gan.. sangat bermanfaat artikel nya untuk kita yg suka gretongan.. hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe iya sama" gan. Tanks jg dah mampir disini 😁

      Hapus
  2. Tidak mempengaruhi peforma komputer kan gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harapan dengan mematikan windows update agar mengoptimalkan performa komputer, akan tetapi beberapa fitur akan disable ketika windows update dimatikan.

      Hapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel