Cara Mengatasi Windows 10 Lambat / Lemot

Ada banyak pengguna Windows 10 yang mengeluh karena proses data yang sangat lambat pada perangkat mereka, dan proses yang lambat tersebut (lag) penyebabnya juga bermacam-macam, sehingga pada kesempatan ini InspirasiMR akan berbagi Cara Mengatasi Windows 10 Lambat / Lemot.

Sebagaimana dikatakan sebelumnya penyebab Windows 10 lambat/lemot/lag ada bermacam-macam oleh karena itu disini juga akan dipaparkan beberapa cara mengatasinya, berikut beberapa solusi yang diberikan.



1. Driver VGA  Belum Dipasang (Install)


Jika anda baru saja memasang Windows 10 di Komputer, sebelum menggunakannya terlebih dahulu install semua driver perangkat keras (hardware) agar komputer anda dapat bekerja secara maksimal, dan yang paling utama berpengaruh ketika mengoperasikan Windows 10 adalah driver VGA yang belum diinstall. Bisa dilihat ketika membuka menu Start akan patah-patah (lag) dan ketika sedang menjalankan video akan sangat terasa lag dari video tersebut.
Inspirasimr.blogspot.com

Untuk mendapatkan Driver VGA dari perangkat anda, bisa langsung ke Device Manager lalu ke Display Adapter klik-kanan dan update Driver Software jika komputer anda terhubung dengan internet dan bisa dengan cara manual seperti mengunjungi situs penyedia driver komputer anda.

[Kembali ke daftar isi]

2. Windows Update Sedang Berjalan


Penyebab selanjutnya yang membuat Windows 10 terasa lambat adalah Windows Update sedang berjalan. Fungsi Windows Update sendiri adalah untuk memperbaharui, menambah fitur atau memperbaiki/memelihara Windows 10 itu sendiri, tapi terkadang karena Windows Update inilah yang menjadi banyak keluhan, mulai dari pemborosan kuota internet, penyimpanan cepat penuh, dan komputer akan jadi terasa berat/lambat. Karenanya banyak pengguna Windows 10 yang ingin menghentikan Windows Update akan tetapi setiap dihentikan tak lama kemudian akan berjalan lagi.
inspirasimr.blogspot.com

Jika anda ingin menghentikan Windows Update tersebut InspirasiMR punya tutorial untuk itu dan dijamin tidak akan kembali aktif lagi hingga anda mengaktifkannya kembali. Silahkan kunjungi artikel kami satu ini lengkap dengan video ( Cara Mematikan Windows Update di Windows 10 Terbaru 2018 )

[Kembali ke daftar isi]

3. Periksa Aplikasi dengan Penggunaan Resource Terbanyak


Ketika kinerja CPU selalu 100% maka tak salah lagi pasti ada aplikasi yang berjalan. Penggunaan CPU yang mencapai 100% itu sebenarnya tidak lah normal jika hanya satu aplikasi yang membuat seperti itu., dan tentunya membuat komputer menjadi sangat lambat/lemot.

inspirasimr.blogspot.com

Cara memeriksa aplikasi dengan Usage CPU terbanyak ialah membuka Task Manager pada tab Processes lihat persen CPU serta persen dari aplikasi, jika memang ada aplikasi yang seperti silahkan klik-kanan dan End Task. Untuk lebih detail dari penggunaan resource silahkan ke tab Performance lalu klik Open Resource Monitor.

Catatan: Jika ada aplikasi berjalan yang tidak normal seperti di atas dan anda tidak tahu aplikasi tersebut kemungkinan itu virus, cara menghentikannya ialah klik-kanan Open File Location lalu tandai file tersebut, selanjutnya kembali ke Task Manager klik-kanan aplikasi itu lagi dan End Task lalu kembali ke file tersebut dan hapus.

[Kembali ke daftar isi]

4. Pastikan RAM Tidak Penuh

InspirasiMR

Jika anda menjalan aplikasi secara multitask, tentunya penggunaan RAM juga semakin besar, jika hal ini yang menjadi penyebab komputer terasa lemot silahkan tutup beberapa aplikasi atau tambah RAM komputer anda. Akan tetapi jika hanya satu aplikasi yang berjalan dan itu membuat RAM penuh kemungkinan ada virus, cara menghapus atau menghentikannya silahkan kembali ke No.3

[Kembali ke daftar isi]

5. Gunakan Edisi Windows yang Sesuai dengan Kebutuhan dan Spesifikasi Komputer Anda

InspirasiMR

Ada banyak edisi Windows 10 dengan berbagai fitur yang berbeda-beda di setiap edisinya, ada edisi Windows 10 yang cocok untuk kegiatan personal atau rumahan dan ada juga edisi Windows 10 untuk kegiatan bisnis atau perusahaan, dan pastinya fitur-fitur yang disediakan untuk bisnis lebih banyak dibanding yang personal, dan fitur tersebut juga sudah pasti akan menggunakan resource dari CPU dan RAM dan komputer yang sesuai dengan itu juga adalah komputer dengan spesifikasi yang tinggi. Oleh karena itu jika anda hanya pengguna personal dan spesifikasi komputer anda terbatas sebaiknya gunakan Edisi Windows 10 Rumahan / Windows 10 Home selain ringan harganya pun murah dibanding yang Pro atau Enterprise dsb. CMIIW

[Kembali ke daftar isi]
Demikian Cara mengatasi Windows 10 yang Lambat / Lemot, artikel ini akan selalu update bila ada solusi baru yang ditemukan. Jika anda ingin melihat video dari artikel di atas silahkan lihat video di bawah ini.


Berlangganan update artikel terbaru via email:

1 Komentar untuk "Cara Mengatasi Windows 10 Lambat / Lemot"

  1. Jasa install windows jakarta barat

    jasa install windows jakarta barat kami melayani
    jasa install windows untuk wilayah jakarta barat.
    bila bapak/ibu ingin install ulang dan tidak
    mau repot repot bawa ke reparasi komputer.
    jika bapak atau ibu sibuk. silahkan hubungi kami
    maka kami akan ketempat anda.
    Hub : 081294209696


    berikut ini aplikasi yang kami install:

    Aplikasi :

    1. Adobe Reader
    2. Mozzila Firefox
    3. Google Chrome
    4. Smadav Antivirus
    5. Avast Antivirus
    6. Ccleaner
    7. Winamp
    8. Vlc Player
    7.Winrar

    Office :
    Microsft Word
    Microsft Excel
    Microsft PowerPoint

    Software(Optional)

    Adobe Ilustrator
    Adobe InDesign
    Adobe Photoshop
    Corel Draw X4

    Silahkan Hubungi Kami
    081294209696
    Bilawal.rifai96@gmail.com
    http://www.mataharikomputer.com/jasa_install_windows_jakarta_barat.html

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel