Mengatasi GTA SA Android Keluar Sendiri

Siapa yang tidak kenal dengan game GTA San Andreas yang pada mulanya hanya ada pada konsol PS2 kini sudah bisa dimainkan di gadget Android.

Bagi yang sudah punya game yang satu ini, sebagian penggunanya ada yang mengeluh karena ketika menekan tombol offline di game tersebut tiba-tiba keluar sendiri (Force close / Crash). Karena itu pada kesempatan ini InspirasiMR akan berbagi tentang Mengatasi GTA SA Android Keluar Sendiri.

Perlu diketahui bahwa yang menyebabkan GTA San Andreas ini keluar sendiri saat menekan tombol Offline ada dua, berikut penjelasannya.


Ekstensi File dari GPU Renderer tidak sesuai

Penyebab GTA SA keluar sendiri/Force Close adalah data/file GTA SA yang tidak sesuai dengan GPU Renderer Android anda. Cara mengatasi masalah tersebut adalah dengan mengubah beberapa ekstensi file GTA SA, caranya:

InspirasiMR

Masuk ke file manager lalu ke folder-
Storage\Android\(data/obb)\com.rockstargames.gtasa\files\texdb disini anda akan melihat beberapa folder yang akan dimodifikasi datanya diantaranya:
  • gta_int
  • gta3
  • mobile
  • txd
Sekarang masuk ke dalam folder yang telah disebutkan di atas dan ubah beberapa file berikut kecuali yang berekstensi .txt
  • gta_int.txt
  • gta3.txt
  • mobile.txt
  • txd.txt
Adapun file yang akan direname atau dimodifikasi, harus disesuaikan dengan GPU Renderer Android anda masing-masing. Berikut GPU Renderer beserta format ekstensinya:

Mali              : .etc                    Video Core   : .etc

Adreno         : .dxt                     Vivante        : .dxt

PowerVr      : .pvr

InspirasiMR

Contoh mengubah file: Misalkan Android saya adalah Oppo F1 dengan GPU renderer Adreno, maka saya harus mengubah format ekstensi menjadi .dxt, sebagai contoh, data sebelumnya berekstensi Mali gta_int.etc.dat maka kita rename menjadi seperti ini gta_int.dxt.dat lakukan seterusnya kecuali file yang berekstensi .txt sebagaimana telah disebutkan di atas.

InspirasiMR

Jika anda belum tahu GPU Renderer Android anda masing-masing silahkan download aplikasi CPU-Z di Google Play, jika sudah silahkan buka aplikasi tersebut dan geser ke bawah hingga ketemu nama dari GPU Renderer Android anda.

Apabila sudah selesai mengubah data sesuai dengan GPU Renderer anda silahkan jalankan aplikasi GTA SA. Jika masih keluar sendiri silahkan lanjut ke solusi berikutnya.

[Kembali ke daftar isi]

Menggunakan data Settingan Game Android lain

Solusi berikutnya adalah menghapus Settingan game GTA SA Android lain. Hal ini terjadi bila anda menyalin data GTA SA dari android lain, bukan unduh langsung dari game. Bila demikian, caranya cukup mudah, pertama buka File Manage lalu ke folder-
Storage\Android\(data/obb)\com.rockstargames.gtasa\files\ hapus file berikut ini:

  • Adjustable.cfg
  • gta_sa.set
InspirasiMR

Setelah itu pergi ke Pengaturan lalu ke Aplikasi(yang serupa dengan itu/tempat uninstall aplikasi) cari GTA SA lalu Clear Cache dan coba jalankan GTA SA Android.

[Kembali ke daftar isi]
Tambahan: Untuk pengguna Android versi 7 atau Nougat, sebagian penggunanya mengeluh karena ketika membuka aplikasi langsung berhenti/keluar sendiri tanpa melihat tampilan login dan offline.

Solusi untuk kasus ini adalah mendownload file apk GTA SA terbaru, silahkan download disini

Demikan cara Mengatasi GTA SA Android Keluar Sendiri, jika anda ingin mellihat video dari artikel ini silahkan lihat video di bawah ini.



Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Komentar untuk "Mengatasi GTA SA Android Keluar Sendiri "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel