Tips Mendapatkan Uang dari Google Adsense yang Halal dan Berkah

Harapan dengan adanya artikel ini dapat menambah wawasan anda dan lebih bijak lagi menggunakan google adsense terutama para blogger yang beriman dan bertakwa. Berikut daftar isi artikel ini.

https://www.inspirasimr.com
Assalamu'alaikum Warohmatulloh Wabarokatuh

Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur atas nikmat yang tidak ada henti-hentinya Allah berikan kepada kita. Dan tak lupa pula sholawat serta salam kepada Nabi Muhammad Saw., Sahabat, pengikut, umat, serta para pembaca artikel yang beriman.

Alhamdulillah, pada kesempatan ini kami akan membagikan tips, gimana sih cara mendapatkan uang dari google adsense yang halal dan berkah.

Harapan dengan adanya artikel ini dapat menambah wawasan anda dan lebih bijak lagi menggunakan google adsense terutama para blogger yang beriman dan bertakwa. Berikut daftar isi artikel ini.


Apa itu halal dan berkah?

Sebelum masuk ke inti pembahasan terlebih dahulu saya akan berbagi informasi mengenai apa sih itu halal dan apa juga yang dimaksud dengan berkah?

  • Halal adalah sesuatu yang diizinkan dalam syariat agama, baik itu dari sisi menkonsumsinya maupun dari sisi cara mendapatkannya. Kata halal sangat identik dengan makanan dan minuman dalam keseharian kita. Info lebih detail lihat disini.
  • Berkah adalah sesuatu yang dimiliki mendatang kebaikan, berguna, dan bermanfaat. Sebagai contoh, berkah ilmunya, berarti ilmu yang dipelajari berguna baik bagi diri sendiri dan orang banyak (tidak sia-sia ilmunya). Berkah juga identik dengan kata berkembang atau tumbuh jika dikaitkan dengan harta atau bisnis. Sumber: dari berbagai referensi: pengalaman, kitab, dan kamus besar.

[Kembali ke daftar isi]

Mengapa harus halal dan berkah?

Sebagai seorang pribadi yang taat kepada aturan syariat agama, maka dalam menjalani kehidupan keseharian pun harus selektif. 

Semua yang masuk dalam tubuh haruslah yang halal dan toyyibah, toyyibah adalah kata yang selalu berdampingan dengan halal, arti dari toyyibah adalah baik, karena selain diperbolehkan dalam agama, sesuatu yang digunakan atau dikonsumsi juga harus memiliki kandungan yang baik bagi kita bukan mendatangkan keburukan.

Bukan hanya ketika digunakan atau dikonsumsi harus halal, bahkan dalam memperoleh sesuatu tersebut juga harus halal. Sebagai contoh memperoleh sesuatu yang tidak halal akan tetapi barang tersebut halal adalah: Anda memakan pisang, akan tetapi dari hasil curian

Jika dilihat dari kasus tersebut, pisang memang diperbolehkan dalam agama untuk dikonsumsi (halal) akan tetapi karena cara memperolehnya dengan jalan yang tidak halal (mencuri), maka tetap saja dia dianggap memakan sesuatu yang tidak halal dikarenakan cara memperolehnya tersebut.

Lantas bagaimana dengan google adsense? apakah uang yang dihasilkan oleh google adsense halal?

Melihat dari segi hukumnya, maka google adsense boleh dikatakan halal, dan boleh juga dikatakan haram (dilarang).

Hukum Google adsense menjadi haram, jika iklan yang tampil di situs anda menampilkan hal-hal yang dilarang dalam agama. Misalnya iklan yang menampilkan atau mengandung pesan ajakan kepada maksiat (perbuatan dosa) seperti pornografi, judi, riba, dan sejenisnya.

Hukum Google adsense menjadi halal, jika anda dapat menyeleksi (filter) atau mengontrol iklan-iklan yang ber-kategori maksiat tersebut.

Sebagaimana dalil tentang larangan menyebarkan kemungkaran terdapat  pada surah al-maidah: 2

وَتَعَاوَنُوا عَلَى الْبِرِّ وَالتَّقْوَى وَلَا تَعَاوَنُوا عَلَى الْإِثْمِ وَالْعُدْوَانِ 

“Dan tolong-menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan takwa, dan jangan tolong-menolong dalam berbuat dosa dan pelanggaran”.

Berikut hadis yang terkait tentang larangan menyebarkan kemungkaran.


مَنْ دَعَا إِلَى هُدًى كَانَ لَهُ مِنَ الأَجْرِ مِثْلُ أُجُورِ مَنْ تَبِعَهُ لاَ يَنْقُصُ ذَلِكَ مِنْ أُجُورِهِمْ شَيْئًا وَمَنْ دَعَا إِلَى ضَلاَلَةٍ كَانَ عَلَيْهِ مِنَ الإِثْمِ مِثْلُ آثَامِ مَنْ تَبِعَهُ لاَ يَنْقُصُ ذَلِكَ مِنْ آثَامِهِمْ شَيْئًا

“Barangsiapa yang mengajak pada petunjuk (kebaikan), maka ia akan mendapatkan pahala sebagaimana pahala orang yang mengikuti ajakannya dan tidak mengurangi pahala mereka sedikit pun juga. Sebaliknya, barangsiapa yang mengajak pada kesesatan, maka ia akan mendapatkan dosa sebagaimana dosa orang yang mengikutinya dan tidak mengurangi dosa mereka sedikit pun juga. ” (HR. Muslim).

Nah, dari dalil di atas sudah tahu kan aturan dalam syariat tentang larangan menyebarkan maksiat. Selain ada istilah amal pahala jariyah, ada juga dosa jariyah, kami berlindung kepada Allah dari hal tersebut.

Selanjutnya apa sih akibat dari mengkonsumsi barang yang haram?

  1. Doa tidak dikabulkan
  2. Merusak hati dan akal
  3. Amalan tidak diterima
  4. Mendzolimi diri sendiri
  5. Lebih lanjut lihat disini
Oleh karena itu mestinya kita juga menghasilkan uang dari google adsense dengan cara yang halal, agar amal perbuatan dan usaha kita selalu diridhoi oleh Allah Swt. dan jika Allah meridhoi perbuatan atau usaha kita, Insya Allah, Allah juga akan memberikan keberkahan didalamnya.


[Kembali ke daftar isi]

Tips mendapatkan uang yang halal dari google adsense

Adapun tips agar mendapatkan uang yang halal dari google adsense adalah:

- Membuat konten/artikel yang berkategori baik
Sebelum dari menayangan iklan, jika anda ingin iklan yang tampil di situs anda adalah iklan yang diperbolehkan dalam syariat, maka konten/artikel yang anda buat juga harus merupakan konten/artikel yang diperbolehkan dalam syariat. Karena iklan yang muncul dalam artikel biasanya merupakan iklan yang relevan dengan artikel di situs anda.

- Memfilter iklan yang berkategori sensitif, buruk atau yang dilarang dalam agama
Selanjutnya adalah menyeleksi atau memfilter kategori iklan yang dianggap sebagai hal yang dilarang dalam agama. Cara memfilter iklan jika dalam kategori umum bisa lihat disini Mencekal iklan menurut kategori umum dan untuk kategori sensitif (harus diblokir) Mencekal iklan menurut kategori sensitif.

Jika anda bingung kategori mana yang tidak diperbolehkan dalam agama atau yang banyak kemungkinan dapat menjerumuskan dalam kemaksiatan, Lihat gambar berikut.

https://www.inspirasimr.com

https://www.inspirasimr.com

https://www.inspirasimr.com

https://www.inspirasimr.com

Melihat kategori yang diblokir di atas memang agak berlebihan terutama kategori yang menyangkut masalah keuangan, kredit atau pinjaman karena saya khawatir akan hal tersebarnya riba dari kategori tersebut.

Jika menurut anda hal tersebut bisa anda kontrol, silahkan memilih yang memang benar-benar bersih dari riba.

Untuk meninjau iklan yang tampil di situs anda satu per satu dan memblokir iklan tertentu silahkan masuk ke pusat peninjauan iklan.

- Tidak mengakali atau membiarkan iklan tayang secara alami
Karena kita semua menayangkan iklan adsense di situs untuk menghasilkan uang maka kita semua pun ingin agar penghasilannya cepat banyak, maka tidak sedikit pemilik situs melakukan cara curang agar penghasilannya cepat banyak.

Jangan sekali-kali mengakali iklan tersebut dengan jalan yang merugikan pengiklan atau meningkatkan hasil pendapatan anda dengan jalan yang tidak alami seperti:

  • Menyuruh orang lain untuk mengklik iklan tersebut walau sebenarnya orang tersebut tidak tertarik dengan iklan yang tayang di situs anda (terpaksa)
  • Membuat klik otomatis kepada iklan tersebut yang secara tidak sengaja orang tersebut mengklik iklan.
  • Membuat kesepakatan untuk bertukar klik iklan.
  • dan lain-lainnya seperti di atas.
Sebagai saran, cara yang diperbolehkan untuk meningkatkan hasil pendapatan anda adalah dengan menempatkan iklan tersebut di situs anda di tempat yang sangat strategis, mudah terlihat, dan tidak mengganggu navigasi situs anda dan biarkan iklan tampil secara alami tanpa ada paksaan atau pancingan untuk mengklik iklan tersebut.


- Mematuhi kebijakan adsense 
Tips terakhir adalah mengikuti kebijakan adsense, karena secara keseluruhan kebijakan adsense merupakan cara yang sehat untuk menghasilkan uang di google adsense, dan kita tahu sendiri bahwa terlalu banyak melanggar kebijakan tersebut dapat berujung dengan banned akun.


[Kembali ke daftar isi]

Penutup

Sebagai penutup dari artikel ini mungkin ada yang bertanya.
"jika kita banyak memfilter/memblokir kategori iklan, berarti penghasilan kita akan menurun dong?" 
Ya benar, memblokir sebagian iklan yang tayang di situs akan menurunkan penghasilan adsense anda. Akan tetapi, demi mendapatkan ridho Allah Swt. maka kita harus meninggalkan apa yang dilarang dalam syariat.

Yakinlah, bahwa Allah akan mengganti kekurangan penghasilan kita tersebut dengan sesuatu yang lebih baik lagi dan mudah-mudahan menjadikan google adsense kita menjadi halal dan berkah.

[Kembali ke daftar isi]

Demikian artikel yang sempat kami bagikan pada kesempatan ini tentang Tips mendapatkan uang dari google adsense yang halal dan berkah, semoga kita semua selalu berada dalam lindungan Allah Swt. dari segala hal yang dilarang olehnya.

Wassalamu'alaikum Warohmatulloh Wabarokatuh

Berlangganan update artikel terbaru via email:

15 Komentar untuk "Tips Mendapatkan Uang dari Google Adsense yang Halal dan Berkah"

  1. Assalamualaikum akhi, kok ana udah berusaha buat artikel asli tapi tidak pernah diterima , apakah harus difilter dulu iklannya, jazakallahu khairan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wa'alaikumussalam Warohmatulloh yaa akhii, melihat blog anda, saya sangat menyukainya penuh dengan konten bernuansa agama, semoga dengan artikel yang akhi buat menjadi ladang pahala. Kalau menurut dari pengalaman saya sebenarnya artikel dengan topik agama adalah kategori sensitif, jadi betul memang jika sulit untuk diterima adsense (atau bisa dikatakan sebagai kategori non-profit).

      sebagai saran:
      1. adsense perlu ditingkatkan menjadi non-hosted
      2. buat artikel tetap bertemakan islami (krna nama domain akhii sdh menetukan niche) akan tetapi agar terhindar dari konten sensitif buat menjadi kategori edukasi (yg cenderung islami sprti b.arab, tajwid, atau konten yang cocok untuk sebagian besar pengiklan google)
      3. pastikan ketika pengajuan adsense, situs sudah rampung dari berbagai editan layout/html/navigasi,dsb.
      4. teks mesti lebih banyak dari konten gambar/video/flash.

      jadi, tentang filter iklan sebenarnya tidak ada hubungannya jika belum diterima adsense, yg bisa jadi sebab adlah apakah konten situs sebagian besar cocok untuk dipasangkan iklan adsense, Semoga membantu.

      Hapus
  2. Mungkin agak sulit ya soalnya adsense ana tertolak terus lebih dari 15x

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh tau, alasan ditolak yang terakhir/baru-baru ini karena apa ya?

      Hapus
  3. Situs yang menampilkan iklan Google harus memberikan nilai yang signifikan bagi pengguna. Sebagai penayang, Anda harus menyediakan konten unik dan relevan agar pengguna memiliki alasan kuat untuk berkunjung ke situs Anda.
    Jangan tempatkan iklan di laman yang dibuat secara otomatis atau laman dengan sedikit konten asli atau tidak berisi konten asli sama sekali.
    Situs Anda juga harus menyediakan pengalaman pengguna yang baik melalui navigasi dan pengaturan yang jelas. Pengguna harus dapat dengan mudah mengeklik seluruh laman Anda dan menemukan informasi yang dicari

    BalasHapus
  4. Maaf akhi ana banyak bertanya, soalnya pasion ana di sini 😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. laa ba'saa yaa akhii, senang rasanya bisa membantu ^^,karena tujuan adanya blog ini dan channel youtube saya memang untuk membantu hehe.

      Oke saya paham, tentang penolakan adsensenya di atas yang menunjukkan situs akhii tidak sesuai dengan kebijakan adsense.

      ana mencoba mengambil kesimpulan penolakan dengan situs akhi

      Pertama, memberikan nilai signifikan, ana rasa, sebaiknya akhii membuat konten yang banyak dicari orang (dari segi pencarian yang sangat populer/trend di google search) dan membuat konten unik, sebaiknya referensi sumber artikel akhi tidak sama persis dengan artikel yang akan dibuat, karena bisa saja menjadikannya tidak unik dan melanggar hak cipta.

      Kedua, iklan ditempatkan pada sedikit/tidak ada konten asli, banyaknya sumber referensi bisa jadi membuat situs mengalami masalah pelanggaran hak cipta juga (saya sering alami untuk video youtube saya terkait pelanggaran hak cipta sehingga tidak bisa dimonetisasi), sebagai solusi, buatlah artikel yang benar-benar dari pengalaman dengan sedikit saja referensi, begitu juga sebaiknya hindari menautkan link download.

      Ketiga, navigasi situs, jujur saja ana melihat situs akhi, kurang baik dalam navigasinya. ana agak kesulitan mencari kategori/label tertentu di situs akhi. begitu juga kurangnya link untuk beberapa kata yang bisa memicu pembaca untuk mengklik link di artikel (lihat situs wikipedia untuk beberapa kata yang ingin diketahui dapat di klik untuk mengetahui apa maksud kata tersebut dengan membuka artikel yang lain) tidak ada sitemap(peta situs), contact us yang bermasalah serta beberapa menu masih belum diperbaiki/ditata (terlihat masih ada SUBMENU2, SUBMENU3), hal ini serta yang pertama bisa jadi merupakan alasan kuat mengapa adsense menolak situs akhi

      Situs ana juga sebenarnya tidak sepenuhnya memenuhi syarat, karena adanya konten saya yang bersifat khusus untuk santri MDTA saya (kurang relevan untuk orang kebanyakan) akan tetapi sebagiannya lagi, konten dari situs ana sangat relevan untuk umum seperti kategori/label adsense, komputer, bank, android. jadi alhamdulillah bisa diterima adsense dengan cepat, tanpa menunggu 6 bulan dan lain sebagainya.

      akhi bisa lihat pengalaman saya diterima adsense di artikel ana pada label pengalaman, melihat navigasi blog ini, atau jika akhi ingin melihat situs yang mirip dengan tema situs akhi yang disetujui adsense bisa lihat belajaralquran.id

      Semoga membantu

      Hapus
  5. Jazakallahu khairan, ana dapat banyak ilmu, mungkin ana akan punya 2 channel akhi, insyaallah, ana ga akan nyerah juga bangun channel ini, karena sudah banyak pengunjung di youtube dan instagramnya, mungkin sedikit ana ralat, makasih akhi semoga antum selalu diberi rezeki yang halal , aamiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin ya Allah, syukron doanya akhii, ana rasa untuk blog dailymuslim bisa diperbaiki kok, gak ada salahnya untuk menjadikannya seperti blog gado-gado, untuk artikel yang ada, dijadikan satu label saja, dan membuat topik baru yang relevan untuk orang kebanyakan.

      untuk channel Youtube akhi, saya rasa bila akhii diterima adsense youtube, pasti kebanyakan video tersebut bakal banyak logo dollar kuning (tidak sesuai untuk sebagian besar pengiklan), saran ana bisa buat konten video yang layak untuk sebagian besar pengiklan lanjutnya lihat disini https://support.google.com/youtube/answer/6162278?hl=id

      Kalau akhii mengikuti semua saran di atas InsyaAllah gak ada alasan buat adsense untuk menolak hehe, senang bisa ta'aruf dengan akhii.

      Hapus
  6. Sudah tidak ada pelanggaran hak cipta akhi di video saya, sudah dihapus semua tinggal menunggu persrtujuan ini , terlalu lama 😅

    BalasHapus
  7. Boleh tanya lagi ga akh, apakah wajib jika ingin mendapatkan iklan harus pak3 admob dulu ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kapan saja boleh akhii, tidak perlu sungkan hehe.

      Mendaftar admob itu baru wajib jika kita ingin jadi publisher iklan adsense di aplikasi buatan sendiri.

      jika ingin membuat aplikasi bisa lihat artikel ana di label Thunkable.

      Kelebihan mendaftar admob adalah sangat mudah untuk diterima, apalagi tutorial yang ana berikan 100% memenuhi kebijakan admob

      Hapus
  8. afwan boleh tanya lagi ga, ana harus memperbaiki masalah ini caranya gimana ya

    -Buat halaman untuk pengguna, bukan untuk mesin telusur.
    -Jangan gunakan penyelubungan atau pengalihan tersembunyi.
    -Jangan muat laman dengan kata-kata yang tidak relevan.
    -Jangan buat beberapa laman, subdomain, atau domain yang berisi banyak sekali konten duplikat.
    -Jangan berpartisipasi dalam skema tautan yang dirancang untuk meningkatkan peringkat atau PageRank situs Anda.
    -Hindari laman "pintu" yang dibuat hanya untuk mesin telusur atau pendekatan "tanpa nilai tambah" lainnya seperti program afiliasi dengan sedikit atau tanpa konten asli.
    Hindari trik yang ditujukan untuk meningkatkan peringkat mesin telusur. Panduan praktis yang baik adalah apakah Anda akan merasa nyaman menjelaskan hal-hal yang telah Anda lakukan pada situs web pesaing Anda. Pengujian lain yang berguna adalah dengan menanyakan, "Apakah hal ini membantu pengguna saya? Apakah saya akan melakukannya, jika mesin telusur tidak ada?"
    Jika situs Anda berpartisipasi dalam program afiliasi, pastikan bahwa situs Anda memberikan nilai tambah. Sediakan konten yang unik dan relevan yang memberikan alasan bagi pengguna untuk mengunjungi situs Anda terlebih dulu.
    Situs yang tidak mematuhi pedoman tersebut dapat dihapus dari indeks penelusuran dan iklan AdSense-nya dinonaktifkan. Jika hal ini terjadi pada salah satu situs Anda, Anda harus memodifikasi situs tersebut agar mematuhi pedoman, lalu kirim situs untuk dipertimbangkan kembali. Setelah situs Anda disertakan dalam indeks, Anda dipersilakan mengajukan banding untuk mengaktifkan kembali penayangan iklan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. -buat halaman untuk pengguna bukan mesin telusur
      Buatlah artikel yang nyaman dibaca bagi pengunjung blog bukan untuk optimasi mesin telusur dengan memperbanyak keyword yg relevan sehingga mudah ditemuka untuk mesin telusur tapi jika dibaca oleh pengunjung sangat tidak nyaman.

      -Jangan gunakanan penyelubungan atau pengalihan tersembunyi
      Entah, apa yang dimaksud disini karena menggunakan VPN

      -Jangan muat kata-kata yang tidak relevan
      Mestinya topik anda tidak mengarah ke hal-hal lain yang tidak sangkut pautnya dengan topik utama anda.

      -Jangan buat beberapa laman, subdomain, atau domain yang berisi banyak sekali konten duplikat.
      Intinya, blogging itu adalah upaya bagaimana kita membuat tulisan yang ada dalam pikiran/pengalaman kita bukan berpatokan dengan sebuah referensi.

      -Jangan berpartisipasi dalam skema tautan yang dirancang untuk meningkatkan peringkat atau PageRank situs Anda.
      Setelah buat blog dan artikel, selanjutnya share lah sewajarnya ditempat yang benar seperti medsos, hindari berpartisipasi utuk meningkatkan pagerank, biarkanlah seperti itu saja, apabila artikel kita bermutu otomatis mesin telusur akan menempatkan artikel kita di halaman utama.

      dan selanjutnya dibawah hanya mirip dengan apa yang disebutkan di atas ini.

      Sebenarnya, dilihat dari teguran di atas, kemungkinan kontennya banyak duplikat/menyalin banyak referensi dan kemungkinan juga mengikuti program meningkatkan pagerank.

      Saran akhi, anda periksa iklan kebanyakan dan lihat apakah iklan tersebut sebagian besar cocok dengan artikel akhi?.. karena ana belajar dari youtube, jika ingin memonetisasi video mestinya konten video tersebut sebagian besar harus cocok untuk pengiklan.

      Semoga membantu.

      Hapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel