Cara Mengaktifkan Windows Update di Windows 10

mematikan windows update mengakibatkan beberapa layanan memang tidak bisa berjalan dengan normal, seperti Pencarian update atau instal driver otomatis di device manager, Windows store, dan beberapa layanan yang berhubungan dengan windows update.

Assalamu'alaikum Warohmatulloh Wabarokatuh

Segala puji hanya milik Allah Swt., sholawat serta salam kepada nabi Muhammad Saw., keluarga, sahabat, pengikut, serta para pembaca sekalian.

Alhamdulillah pada kesempatan ini saya akan membagikan artikel tentang cara mengaktifkan kembali windows update di windows 10.

Latar belakang dibuatnya artikel ini karena banyaknya yang mematikan windows update setelah mengikuti tutorial kami yang satu ini, Cara Mematikan Windows Update di Windows 10 Terbaru 2018 dan tidak tahu cara mengembalikan atau mengaktifkan kembali windows update tersebut.

Sebagai info tambahan, mematikan windows update mengakibatkan beberapa layanan memang tidak bisa berjalan dengan normal, seperti:

  • Pencarian update atau instal driver otomatis di device manager.
  • Windows store.
  • dan beberapa layanan yang berhubungan dengan windows update.

Sebenarnya mengaktifkan kembali layanan windows update, tidak sulit kok, cukup mengembalikan apa yang telah diubah dan memulai ulang (restart) PC, maka windows update anda kembali aktif seperti semula. 

Tapi melihat banyaknya komentar di Youtube untuk memberikan atau membuat cara mengaktifkan kembali windows update maka tidak ada salahnya juga saya membuat tutorial yang satu ini.

Sebagaimana saya katakan di atas, untuk mengaktifkan kembali windows update kita akan mengembalikan kembali apa yang telah kita lakukan, lihat daftar langkah-langkah yang akan dilakukan di bawah ini.


1. Mengembalikan Image Path dan DependOnService ke Sediakala

Untuk mengembalikan Image path dan dependonservices ke sedia kala, anda harus masuk ke registry caranya.

  • Tekan Windows+R lalu ketika muncul jendela Run ketikan regedit atau tekan Windows lalu ketikan regedit.
  • Setelah jendela Registry Editor terbuka, sekarang masuk di Computer\HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Services\wuauserv.
  • Hapus editan anda atau ubah kembali value ImagePath dan DependOnService seperti pada awalnya. ImagePath: %systemroot%\system32\svchost.exe -k netsvcs dan DependOnService: rpcss 
Lebih jelasnya lihat gambar di bawah ini.

https://www.inspirasimr.com


Setelah itu tutup jendela Registry Editor, dan ikuti lagi langkah selanjutnya.

[Kembali ke daftar isi]

2. Mengubah Startup type Windows Update

Startup merupakan perintah mengoperasikan atau menjalankan aplikasi ketika komputer baru dinyalakan.

Karena kita akan mengaktifkan kembali Windows update, maka tentunya startup dari windows update ini adalah disable.

Mengubah startup service windows update, memiliki beberapa jalan atau cara. Salah satu jalan yang akan ditempuh pada artikel ini adalah sebagai berikut.


  • Tekan Windows lalu ketikan Services dan klik. Maka, akan terbuka jendela Services.
  • Cari service dengan nama Windows Update lalu buka dengan klik 2 kali atau klik kanan dan pilih properties. Maka akan terbuka jendela Windows Update Properties.
  • Ubah startup type dari disabled ke automatic atau automatic (delayed start).
  • Lalu klik OK.
Berikut penjelasan melalui gambar.

https://www.inspirasimr.com


Catatan: Setelah melakukan langkah di atas, sebaiknya tidak men-start services Windows update, karena anda akan menemui error pada kebanyakan kasus.

Selanjutnya, kita pindah ke langkah ketiga.

[Kembali ke daftar isi]

3. Mulai Ulang/ Restart Komputer

Jika 2 langkah di atas sudah dilakukan, yang terakhir adalah memulai ulang komputer Anda, setelah itu silahkan cek Task Manager di Tab Services dan cari service wuauserv jika anda melihat statusnya Running berarti anda sudah mengaktifkan kembali Windows Update di Windows 10.

Dengan mengaktifkan kembali Windows update, maka anda bisa meng-update windows anda menjadi yang teranyar, update driver software otomatis lewat internet (device manager), download aplikasi di Windows Store, dan masih banyak lagi yang berkaitan dengan jalannya service windows update.

[Kembali ke daftar isi]
Demikian Cara mengaktifkan Windows Update di Windows 10, semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu para pembaca sekalian, yang kira-kira kesulitan ketika mengaktifkan kembali windows update-nya. Jika menemukan kendala atau memiliki pertanyaan seputar artikel di atas silahkan berkomentar pada kolom di bawah artikel ini, sekian.

Wassalamu'alaikum Warohmatulloh Wabarokatuh.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

3 Komentar untuk "Cara Mengaktifkan Windows Update di Windows 10"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel