Menggunakan TOTOLINK EX200 Untuk Hotspot Mikrotik

Menggunakan TOTOLINK EX200 Untuk Hotspot Mikrotik
TOTOLINK EX200

Masalah yang ditimbulkan adalah anda tidak bisa mengakses internet bersama-sama, apalagi anda menggunakan hotspot yang memakai mikrotik hal tersebut mencegah anda untuk login di halaman login, mengapa? karena mikrotik mengidentifikasi client yang masuk dengan MAC Address ketika client atau user dengan alamat A telah masuk maka ketika ada user yang masuk dengan alamat yang sama (dengan alamat A pula) maka user yang yang pertama tadi akan otomatis keluar atau user yang kedua akan dicegah masuk (karena akun sedang digunakan pengguna lain).



Assalamu'alaikum Warohmatulloh Wabarokatuh.

Alhamdulillah, segala puji bagi Allah swt. yang telah memberikan kami nikmat dan kesempatan untuk kembali menulis artikel setelah sekian lama terputus. Begitu pula Sholawat serta salam kepada Nabi Muhammad Saw. beserta keluarga sahabat serta pembaca yang mengikuti beliau sekalian.

Jumpa kembali para pembaca sekalian, kali ini yang akan menjadi pembahasan penulis adalah pengalaman penulis menggunakan perangkat keras Wifi Range Extender atau dalam bahasa kita adalah perangkat yang bisa menambah jangkauan area atau memperluas jangkauan suatu hotspot wifi.

Selama saya menggunakan perangkat keras tersebut ada dua merek yang telah saya gunakan, yang pertama adalah merek yang sudah cukup terkenal yakni TP-Link TL-WA850RE dan yang kedua adalah merek TOTOLINK EX200, dan kita akan mengulas tentang merek yang kedua tersebut terkhususnya bagaimana menggunakannya untuk Hotspot Mikrotik.


Apa Itu Wifi Range Extender ?

Wifi Range Extender adalah perangkat keras yang dapat memperluas jangkauan area Hotspot Wifi. Perangkat ini sangat dibutuhkan bila dalam satu area/bangunan tidak terjangkau sinyal dari hotspot wifi, maka solusi yang dibutuhkan adalah membeli Wifi Range Extender untuk memperluas jangkauan hotspot wifi di tempat anda.

[Kembali ke daftar isi]

Apa Itu Mikrotik ?

Mikrotik juga merupakan Hardware atau perangkat keras yang berfungsi untuk mengatur lalu lintas internet suatu pengguna, Mikrotik dilengkapi sistem operasi yang biasa disebut RouterOS dengan perangkat keras tersebut beserta sistem operasi yang terintegrasi didalamnya membuat komputer anda menjadi komputer yang handal di bidang network, karena dengan Mikrotik ini anda bisa membuat hotspot dengan login page seperti pada gambar di bawah ini.

Menggunakan TOTOLINK EX200 Untuk Hotspot Mikrotik


Juga bisa mengatur bandwidth, firewall, bridge, dan masih banyak lagi di tangan orang yang profesional.

Ada banyak produk-produk mikrotik yang bisa anda beli sesuai kebutuhan anda, silahkan klik disini.

[Kembali ke daftar isi]

Review Menggunakan TOTOLINK EX200 

Kembali ke topik artikel, berawal dari saya ingin membeli kabel UTP untuk keperluan internet ke beberapa perangkat elektronik di rumah saya. Setibanya di toko elektronik, saya menanyakan harga meteran kabel tersebut harganya terbilang cukup memakan banyak budget jika saya membelinya, sehingga saya melirik-lirik barang yang lain, dan saya mendapatkan 2 barang yang masih ada kaitannya dengan fungsi kabel UTP yaitu:
Menggunakan TOTOLINK EX200 Untuk Hotspot Mikrotik
Wifi External TP_Link


  • Wifi External - Perangkat yang di pasang di Komputer atau Laptop agar Komputer tersebut dapat menangkap sinyal Wifi, atau biasanya membeli perangkat external dengan maksud agar komputer dapat menangkap sinyal wifi dengan lebih baik.
  • Wifi Range Extender sebagaimana yang sudah dijelaskan di atas.
Karena Wifi External hanya bisa digunakan pada satu Perangkat elektronik saja (Hanya komputer) maka saya memilih Wifi Range Extender dan disitu saya melihat ada Merek yang agak asing di Brand produk Network yaitu TOTO LINK, karena harganya yang murah meriah hanya 200 ribu lebih saya langsung membelinya.

Oke, saya akan langsung memberikan apa kelebihan dan kekurangan setelah membeli dan menggunakan TOTOLINK EX200.

Kelebihan:
  • Harga yang murah - dibanding dengan merek yang terkenal harga TOTOLINK ini jauh lebih murah.
  • Jangkauan wifi yang luas - kekuatan menangkap dan menyebarkan hotspot wifi TOTOLINK EX200 juga tidak kalah dengan merek-merek lain, apalagi produk ini dilengkapi dengan 2 antena untuk memperkuat sinyal.
  • Pemasangan yang mudah - Anda bisa memperkuat hotspot wifi router anda dengan TOTOLINK EX200 dengan mengkonfigurasinya lewat Android atau Komputer, juga bisa dengan WPS, petunjuknya ada di brosur dalam kotaknya.
  • Kecepatan Transfer Data yang cepat - TOTOLINK EX200 dapat mentransfer data hingga 300Mbps.
  • Dilengkapi dengan Port LAN untuk penggunaan sinyal yang lebih stabil.

Kekurangan:
  • Tidak bisa Kloning MAC Address - Walau bisa membagi IP Address dengan settingan DHCP dari mikrotik akan tetapi TOTOLINK EX200 tidak bisa membagikan MAC address untuk setiap client yang masuk. Ntah apakah ini hanya masalah di satu produk yang saya beli atau memang dari pabriknya.
Yap, walau kekurangan dari produk ini hanya satu, tapi cukup fatal teman-teman mengingat peran dari perangkat ini sebagai Range Extender yang seharusnya meneruskan MAC address client yang tersambung atau mengkloning MAC address nya sendiri untuk diteruskan ke Router malah tidak tersampaikan. Sehingga saya berspekulasi di review Kekurangan tadi mungkin ini hanya kerusakan dari barang saya sendiri.

[Kembali ke daftar isi]

Masalah TOTOLINK EX200

Mungkin ada yang bertanya, memangnya seperti apa sih efek yang ditimbulkan apabila tidak bisa mengkloning MAC Address?

Yang masih belum tahu MAC Address, kalo menurut saya MAC Address ini semacam nama dari suatu perangkat karena MAC Address pasti berbeda-beda, kalo ada yang sama buruan ganti ya nanti kalo dipanggil selalu salah sangka hehe, yap begitu menurut saya, kalo ingin lebih detailnya silahkan klik tulisan MAC Address ini. 

Masalah yang ditimbulkan adalah anda tidak bisa mengakses internet bersama-sama, apalagi anda menggunakan hotspot yang memakai mikrotik hal tersebut mencegah anda untuk login di halaman login, mengapa? karena mikrotik mengidentifikasi client yang masuk dengan MAC Address ketika client atau user dengan alamat A telah masuk maka ketika ada user yang masuk dengan alamat yang sama (dengan alamat A pula) maka user yang yang pertama tadi akan otomatis keluar atau user yang kedua akan dicegah masuk (karena akun sedang digunakan pengguna lain).

Jadi seperti itulah masalah yang saya hadapi selama menggunakan produk ini, walau hanya satu akan tetapi bisa dikatakan agak fatal bukan?

Lalu apakah masalah di atas tidak ada solusinya?

Jawabannya, Alhamdulillah ada, walau tidak memperbaiki masalah tidak bisa kloning MAC Address akan tetapi cara yang akan saya kami paparkan bisa menjadi alternatif.

[Kembali ke daftar isi]

Mengatasi TOTOLINK EX200 Tidak Bisa Kloning MAC Address di Mikrotik

Sebagaimana permasalahan yang sudah dijelaskan di atas solusi untuk mengatasinya pun tidak bisa mengatasi masalahnya secara sempurna, melainkan ada sedikit perubahan dalam pemakaiannya yakni:
  • Wifi Extender tidak bisa digunakan untuk umum - berarti anda tidak menggunakan produk ini untuk usaha dan hanya bisa digunakan untuk pribadi misalnya di rumah dan sebagainya, karena dikhawatir terjadi hal yang tidak diinginkan kepada pelanggan jika dipakai untuk usaha.
Adapun solusinya ialah dengan menggunakan fitur IP Binding di Mikrotik, dengan fitur ini anda tidak akan dialihkan ke halaman login lagi dengan mem-bypass MAC Address TOTOLINK EX200. Caranya:

  • Masuk ke WinBox atau dengan cara lain.
  • Lalu pilih menu IP > Hotspot.
  • Ketika jendela Hotspot sudah terbuka selanjutnya klik tab IP Binding. Berikut gambar penjelasannya.
Menggunakan TOTOLINK EX200 Untuk Hotspot Mikrotik

  • Selanjutnya, klik tanda +.
  • Lalu masukkan MAC Address TOTOLINK EX200 di form MAC Address. Untuk mengetahui MAC address TOTOLINK EX200 bisa dilihat disekitar perangkatnya.
  • Dan yang terakhir ubah Type menjadi Bypassed Yang berarti akan mem-bypass halaman login hotspot mikrotik lalu OK.
Menggunakan TOTOLINK EX200 Untuk Hotspot Mikrotik

Dengan cara di atas client bisa masuk bersamaan dan bisa mengakses internet bersamaan pula, karena kita telah mem-bypass MAC address dari wifi extender tersebut. Untuk cara IP Binding yang detail bisa lihat disini.

Selain cara di atas ada juga cara lain yang lebih mudah yaitu, dengan mengedit User Profile tepatnya mengubah jumlah Shared User sesuai dengan kebutuhan, dengan demikian anda Akun user bisa dipakai login di beberapa perangkat sekaligus, akan tetapi hanya 1 user profile saja ya yang diizinkan login di TOTOLINK EX200 karena masalah tidak bisa mengkloning MAC Address.

[Kembali ke daftar isi]
Yap, mungkin ini saja artikel tentang TOTOLINK EX200, jika ada hal yang kurang jelas bisa bertanya di kolom komentar, sekian.

Wassalamu'alaikum Warohmatulloh Wabarokatuh.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Komentar untuk "Menggunakan TOTOLINK EX200 Untuk Hotspot Mikrotik"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel