Memasang Prosesor tanpa IGP atau GPU

Prosesor tanpa IGP memiliki harga yang lebih terjangkau dari pada prosesor dengan GPU otomatis sisa dana bisa dialihkan ke pembelian VGA

Assalamu'alaikum Warohmatulloh Wabarokatuh,

Segala puji bagi Allah yang telah memberikan kesempatan bagi saya untuk menulis lagi di blog ini, begitu pula sholawat dan salam kepada utusannya yakni Nabi Muhammad Saw. dan keluarga dan para pengikut beliau.

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang sesuatu yang jarang sekali dibahas maupun dicari yaitu prosesor yang tidak memiliki IGP atau GPU. 

Memasang Prosesor tanpa IGP
Salah satu contoh CPU tanpa IGP, biasanya ada tambahan tulisan "Discrete Graphics Required"


Apa itu IGP atau GPU

Sebelum membahas lebih jauh, terlebih dahulu para pembaca pasti ada yang bertanya "IGP atau GPU itu apa sih?". Jawabannya IGP atau GPU merupakan singkatan dari Integrated Graphic Prosesor atau Graphic Prosesor Unit atau kalau disederhanakan dalam bahasa kita yaitu VGA yang tertanam dalam prosesor. 

[Kembali ke daftar isi]

Prosesor dengan IGP/GPU

Oleh karena itu, biasanya yang memiliki laptop (yg harganya terjangkau) anda hanya melihat logo prosesor tanpa ada logo VGA pada bagian bawah keyboard laptop anda (biasanya disitu juga terdapat spesifikasi laptop anda secara ringkas), begitu juga dengan PC desktop sebagian penggunanya hanya memasang prosesor tanpa memasang VGA eksternal atau diskret. 

Walaupun tanpa VGA, laptop dan PC itu tetap menampilkan gambar pada monitornya, karena prosesor pada umumnya menanamkan GPU atau membuat prosesor tersebut kinerjanya dibagi menjadi dua; 
  • prosesor berperan mengolah/memproses perintah.
  • Prosesor juga berperan untuk menampilkan gambar.

prosesor yang disebutkan di atas merupakan prosesor yang umum beredar di pasaran, karena penggunaannya yang praktis dan Two in One, sehingga anda tidak perlu repot-repot membeli VGA eksternal lagi.

[Kembali ke daftar isi]

Prosesor tanpa IGP/GPU

Lain halnya dengan prosesor tanpa IGP, prosesor jenis ini jika anda memasangnya tanpa menggunakan VGA diskret atau eksternal (mencolok langsung kabel monitor di motherboard) maka anda tidak akan melihat apa-apa di monitor anda blank.

Sebagaimana yang telah disebutkan di atas, terlihat seperti kelemahan prosesor tanpa IGP. Walau demikian, dibalik kelemahan tersebut tersimpan banyak efisiensi. Misalnya jika anda adalah pengguna yang ujung-ujungnya ingin membeli VGA diskret maka membeli prosesor tanpa IGP merupakan pilihan yang tepat. Mengapa? 

Alasannya, prosesor tanpa IGP memiliki harga yang lebih terjangkau dari pada prosesor dengan GPU, otomatis sisa dana bisa dialihkan ke pembelian VGA dan jika anda menggunakan VGA diskret maka bisa dipastikan GPU yang tertanam di prosesor menjadi tidak berguna useless alias mubazir dan hal itu tidak dengan CPU tanpa IGP/GPU.

[Kembali ke daftar isi]

Permasalahan Prosesor tanpa IGP/GPU

Untuk kelemahannya sebagaimana yang telah disebutkan di atas, jika anda belum memiliki VGA diskret maka PC anda masih belum bisa dikatakan sudah jadi. Begitu juga selanjutnya memiliki CPU atau prosesor tanpa IGP bisa jadi pemasangannya menjadi sangat rumit. Sebagaimana pengalaman saya pertama kali merakit PC dengan procesor tanpa IGP. Singkat cerita, jika motherboard dan VGA tidak saling support secara built-in, maka PC anda tetap juga tidak mengeluarkan gambar di monitor walaupun kabel sudah dicolok di VGA diskret.

Mengapa hal tersebut dapat terjadi? Jawabannya karena motherboard tidak menyediakan driver dasar untuk VGA diskret anda sehingga display dasar (yang gambarnya besar-besar) tidak dapat ditampilkan di monitor anda. Solusi untuk permasalahan di atas adalah anda harus menginstall driver VGA diskret di SSD/HDD.

Sekarang pertanyaannya bagaimana caranya menginstall driver sedangkan PC tidak dapat mengeluarkan gambar? Untuk itu mau tidak mau anda harus mencari atau meminjam PC lain untuk diinstall terlebih dahulu OS dan driver VGA diskret anda atau jika anda sebelumnya memiliki CPU atau prosesor dengan GPU maka boleh menggunakan prosesor itu dulu terlebih dahulu untuk diinstall driver VGA. Sebagaimana yang terjadi dengan saya.

Contoh produk yang mengalami permasalahan di atas sebagaimana yang saya gunakan yaitu:
  • Motherboard: Asus Prime H310M-K.
  • VGA: Gigabyte Nvidia GT 1030.
Dua produk di atas menurut pengalaman saya motherboard tidak memiliki driver dasar untuk GT1030 sehingga tidak dapat menampilkan gambar apapun sebelum menginstall driver. Oleh karena itu hindarilah dua gabungan produk di atas agar tidak mendapat masalah serupa 😅.

[Kembali ke daftar isi]

Kelebihan dan Kekurangan Prosesor dengan atau tanpa IGP/GPU

Sebagai kesimpulan semuanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, berikut kelebihan dan kekurangannya:
Prosesor dengan IGP/GPU
Prosesor tanpa IGP/GPU
Kelebihan:
  • PC dapat digunakan walau tanpa VGA diskret.
  • Praktis
kekurangan:
  • Harga lebih mahal dari pada CPU tanpa GPU dengan tipe yang sama.
  • Menjadi tidak efisien apabila membeli VGA diskret.
Kelebihan:
  • Harga lebih murah dari CPU dengan GPU dengan tipe yang sama.
  • Performa lebih tinggi dan beban kerja lebih ringan.
  • Efisien untuk pengguna yang sedari awal memang ingin membeli VGA diskret.
Kekurangan:
  • Harus menggunakan VGA diskret.
  • Pemasangan terkadang tidak praktis.
Demikian artikel Memasang prosesor tanpa IGP atau GPU, semoga dengan artikel ini wawasan seputar prosesor tanpa IGP atau GPU anda bertambah. Untuk video terkait artikel ini silahkan cek video di bawah ini.


Jika ada pertanyaan seputar artikel ini silahkan bertanya di kolom komentar InsyaAllah kami akan menjawab semampu kami.
[Kembali ke daftar isi]

Wassalamu'alaikum Warohmatulloh wa Barokatuh.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Komentar untuk "Memasang Prosesor tanpa IGP atau GPU"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel